Kamis, 05 Agustus 2010

Filosofi sebuah batu permata

Batu permata adalah sebuah batu mulia yang mahal harganya, dan dicari dimana-mana. Jika ada seseorang memakai sebuah batu permata pasti akan dianggap orang yang kaya. biasanya sesuatu yang cantik itu identik dengan sesuatu yang lemah. tapi tidak dengan batu permata. dia cantik, tapi dia lebih kuat dari besi, maupun baja. Dia memiliki daya karisma yang tinggi, beribu orang mengejarnya, tapi dia juga memiliki kekuatan yang
hebat juga. Jika kita menemkan sebutir batu permata asli, jika kita memukulnya dengan sebuah hemmer atau palu, mungin akan sulit untuk pecah, bahkan tidak pecah. Itulah hebatnya batu permata. Biarpu dia cantik, biarpun dia mengkilap dan menjadi idaman banyak orang. Tapi dia kuat, tak hancur melawn kerasnya tantangan hidup. Jika ingin membentuknya, tak cukup dengan sebuah palu dan pahat, tapi menggunakan cahaya laser yang kuat dan panas, sekuat itulah batu kecil yang terkadang menjadi hiasan-jiasan orang-orang yang sedikit lebih mampu, dalam hal ekonomi.



betapa hebatnya batu permata. Sebenarnya semua orang mampu menjadi sebuah batu permata. Tinggal dia, apakah dia lolos mengalahkan ujian dari Allah, atau malah kalah dengan ujian dari Allah, yang dari ilustrasi tadi aku ibaratkan sebuah palu yang memukul sebuah permata. Palu itu mengecek ke aslian permata itu. Kadang ada palu yang besar yang memukul permata itu, kadang juga ada yang kecil, tergantung ujian yang diujikan. Sama seperti ujian dari Tuhan kepada kita.

Maukah kau menjadi sebuah intan permata, maksudku disini bukan kau menjadi intan permata, tapi kau mempunyai hati dan karisma seperti intan permata, yang cantik tapi punya kekuatan yang hebat. Aku yakin semua yang membaca ini mau. Pertanyaanya bagaimana kita mampu menjadi sekuat itu.

jawabnya sebenarnya pada diri kita sendiri. Seberapa kuat iman yang ada dalam diri kita. Semakin kuat iman seseorang, semakin kuat ketabahannya. Sebenarnya orang kuat bukanlah dari seberapa besar dia mampu menghancurkan sebongkah batu karang, atau sehebat apa dia bisa merobohkan pegulat besar. Tapi orang kuat adalah orang yang mampu menahan hawa nafsunya, dan punya kesabaran yang tinggi. Dan orang yang punya kesabaran yang ekstra adalah orang yang memiliki iman yang kuat. Sebenarnya jawabanya tidak panjang, hanya iman kita kepada Sang Khaliq, itu saja kuncinya, kenapa iman, karena jika kita sudah memiliki iman sekeras batu permata, maka apapun kesulitan yang kita hadapi, kepada Allah lah semua kembali, dan apapun masalah itu tak ada apa-apanya dimata Allah Yang Maha Segalanya.

Aku yakin kita semua bisa menjadi orang yang kuat...jadilah permata

3 komentar:

my blog mengatakan...

matoh gan

assanet mengatakan...

swun gan....mugo2 kne iso dadi permata ceng matoh ya.....

Grosir Sarung Anak Instan mengatakan...

Bagus, mantap filosofinya

Posting Komentar